SOLUSI CERDAS, CARA BERLALU LINTAS

SOLUSI CERDAS, CARA BERLALU LINTAS

 

 

 

Pagi itu, senin (21/1) upacara bendera berjalan pada umumnya. Perbedaannya pagi itu pembina upacaranya adalah Bapak AKP. Nur Hidayat, Polres Ngawi. Beliau menjelaskan tentang tata cara dan tata tertib berlalu lintas.

Seperti yang kita ketahui, perkembangan zaman memang sangatlah pesat. Kendaraan juga mulai berkembang. Bukan tekhnologinya, melainkan perkembangan penggunanya. Pengguna kendaraan sepeda motor semakin hari semakin bertambah. Rasionya hampir menyentuh angka maksimal, yakni satu orang memiliki satu sepeda motor.

Perkembangan kepemilikan kendaraan bermotor yang tidak diikuti oleh perkembangan jalan, mengakibatkan semakin sempitnya akses pengguna jalan. Tentu hal ini berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kecelakaan, terutama pada anak sekolah.

“Jangan kebut-kebutan saat di jalan. Biasanya anak muda tidak pernah berpikir panjang. Sing penting iso ngepolne gas. Tapi tidak pernah berpikir apa resikonya. Apalagi sekarang jalanan Paron semakin ramai. Ingat! Ada orang tua yang menunggumu di rumah. Ingat! Hati-hati,” tegas Bapak AKP. Nur Hidahayat.

Peraturan berlalu lintas juga harus ditaati oleh siswa. Karena, dengan menaati peraturan maka, kecil kemungkinan terjadi kecelakaan.

“Saya sering menjumpai para pelajar di jalan, tapi bukan siswa sini, berkendara tidak mengenakan helm, tidak ada sepion, ban’e diganti cilik dan lain lainnya. Semua itu sangat berbahaya bagi pengendara,” terang beliau sambil tetap menunjukkan senyum tegasnya.

Kesiapan pengendara saat musim hujan juga menjadi catatan penting pada perjumpaan pagi itu. Terlebih pascaterjadinya kecelakaan secara berkelanjutan setiap musim penghujan.

“Ingat! Ini musim hujan. Bawa jas hujan. Cara cerdas untuk berlalu lintas adalah dengan menaatinya dan bersahabat dengan alam. Sudah tahu musim hujan, berarti yang harus dibawa adalah jas hujan, bukan hanya jas almamater,” tukas AKP. Nur Hidayat diikuti gelak tawa dari siswa dan siswi MAN 2 Ngawi. (skm/42/man2ngawi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *