GARUDA PIONERINGKU

GARUDA DI DADAKU, GARUDA PIONERINGKU

 

Sing bakoh, sing bakoh… Tarik bareng-bareng… siji, loro, telu… Tarik!!!

Kalimat di atas merupakan kalimat perintah dan ajakan dalam Bahasa Jawa yang memiliki maksud untuk mengikat tali agar lebih kencang dan memberikan aba-aba untuk menarik secara bersamaan. Apanya yang ditarik? Kenapa harus ditarik?

Beberapa hari yang lalu Pramuka MAN 2 Ngawi mewakili Kwaran Paron mengikuti lomba tongkat kreasi, kelompok putri, yang diadakan oleh Kwarcab Ngawi. Kegiatan tersebut bertempat di Lapangan Merdeka Kabupaten Ngawi yang diikuti oleh seluruh kwaran se-Kabupaten Ngawi. Dalam perlombaan tersebut, pramuka MAN 2 Ngawi memeroleh juara ketiga.

Pionering yang berbentuk garuda itu terlihat gagah menengadah ke angakasa. Siap untuk terbang menyebarkan kemakmuran ke seluruh penjuru dunia. Mungkin itulah makna dari pionering yang di buat oleh para siswi MAN 2 Ngawi kala mengikuti lomba tongkat kreasi.

Selain itu, alasan mereka membentuk tongkat-tongkatnya menjadi garuda karena bertepatan dengan perhelatan Asean Games, Jakarta-Palembang. Sehingga rasa nasionalisme harus dipupuk dengan cara setiap masyarakat Indonesia harus meletakkan garuda di dada mereka. “Maka dari itulah kami membuat pionring berbentuk Garuda,” kata salah seorang siswa MAN 2 Ngawi. Jadi, jika disimpulkan judul dari pionering MAN 2 Ngawi ini adalah “Garuda di dadaku, Garuda Pioneringku.

Dalam memeroleh juara, tentu tidak semudah membalik telapak tangan. Pramuka selalu membutuhkan kerjasama tim. Kerjasama tim akan terbentuk melalui sebuah latihan. Latihan yang efektif akan membentuk spirit sempurna dalam mengikuti sebuah perlombaan. Sehingga, visi dalam kelompok tersebut secara masif akan terbentuk secara utuh.

“Walaupun panas selalu menjadi teman, hitam menjadi semboyan, dan mungkin harus rela ketinggalan pelajaran. Namun, setiap perjuangan meraka akan selalu menjadi kenangan dalam kepramukaan,” pesan salah seorang pembina pramuka kepada siswa MAN 2 Ngawi. (Skm/42/art/m2n)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *